Ilmu Kejawen

Ilmu Kejawen dalah sebuah pengetahuan tentang filosofi, spiritualitas, serta praktek mistik orang-orang jawa. Mudahnya, Ilmu Kejawen adalah ilmu supranatural yang berkembang di kalangan orang jawa.

 

Dalam perkembangan Ilmu Metafisika di Indonesia, kita mengenal dua aliran utama yaitu Aliran Hikmah dan Aliran Kejawen. Aliran Hikmah berkembang di kalangan pesantren dengan ciri khas doa yang murni berbahasa Arab (kebanyakan bersumber dari Al-Quran).


Sedangkan aliran Kejawen yang banyak dikenal masyarakat sekarang ini, sebetulnya sudah tidak murni kejawen lagi, melainkan sudah bercampur dengan tradisi islam. Tata cara dan doa-nya pun kebanyakan diawali dengan basmalah kemudian dilanjutkan dengan doa berbahasa jawa. Oleh kerena itu, kadang juga disebut Ilmu Kejawen Islam.


Meskipun demikian, sebenarnya Ilmu Kejawen yang murni - tidak bercampur dengan ajaran agama apapun - masih ada. Dan di Asosiasi Parapsikologi Nusantara, kami masih melestarikan serta mengajarkan Ilmu Kejawen yang murni, karena itu merupakan warisan leluhur kita yang perlu dijaga.


Selain unik, Ilmu Kejawen juga mengandung ajaran luhur tentang kehidupan yang amat dalam. Dalam Ilmu Kejawen, Anda akan dilatih untuk mengenali diri dan menggali kekuatan jiwa Anda sendiri. Kemudian Anda akan "diperkenalkan" dengan kekuatan Tuhan Yang Maha Pengasih.


Jika Anda tertarik untuk mempelajari Ilmu Kejawen, Anda bisa mengunjungi situs resminya yaitu www.ilmukejawen.com